Menu

DERFAFU.BLOGSPOT.COM

DERFAFU.BLOGSPOT.COM

Filosofi dari Akar

Kadang kita berfikir,
"di Sekolah kita diajari belajar ini itu tapi gak semua pelajaran itu bakal bermanfaat bagi kehidupan kita kelak"

Emang bener banget sih gak semua pelajaran itu dapat kita terapkan dalam kehidupan kita di kemudian hari (Seperti anak IPA yang diajari cara membuat larutan-larutan,tapi saat dimana dia bekerja dia memilih menjadi seorang pengusaha atau pegawai bank),bakalan nggak nyambung sama sekali.Tapi kita gak rugi kok dengan belajar di Sekolah itu berartti kita sudah membuka dan memperbanyak pertumbuhan nueron dalam otak kita.Semakin berkembang otak kita semakin kita berkembang dalam menyelesaikan masalah,semakin kita mudah mengambil keputusan dalam bertindak dan menyelesaikan masalah.

Ibarat "Akar", akar merupakan bagian terpenting bagi tumbuhan yaitu sebagai alat untuk mencari makanan dan nutrisi bagi si tumbuhan.Semakin banyak akar dan semakin lebar dan panjang si akar mencari makanan dan nutrisi semakin membuat si tumbuhan dapat
memenuhi kebutuhan makan dan nutrisinya.Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut,si tumbuhan dapat tumbuh subur,kuat dan kokoh.Sama halnya dengan kita,semakin kita banyak membaca,semakin banyak kita bergaul dan semakin banyak kita tau semakin banyak pula kita belajar dan mengambil hikmah dari apa yang pernah kita dapatkan itu.


  • Dari membaca,seperti membaca boigrafi.Kita dapat mengetahui bagaimana seseorang menghadapi masalah dan menyelesaikan masalah.Dari membaca kita jadi mengetahui apa yang ada dalam realita kehidupan ini (membaca novel).Dari membaca pula kita dapat menjelajah dunia,mengetahui tempat-tempat yang belum pernah kita ketahui dan bagaimana kebiasaan oran-orang yang ada di suatu tempat itu. (Terinspirasi dari buku-buku Raditya Dika,Ilana Tan,Andrea Hirata,dsb.)



  • Dari banyak bergaul,semakin kita banya memiliki teman semakin kita belajar "bagaimana jika kita menghadapi orang-orang dengan karakter yang berbeda",semakin bergaul semakin kita memperpeka perasaan dan kepedulian kita terhadap orang lain.

  • Dari banyak kita tau,kita jadi tahu segalanya,karena tidak ada suatu hal yang membosankan di dunia ini jika kita bisa menemukannya,yaitu dengan mendapatkan "suatu hal baru".

Semakin kokoh pohon itu ibarat manusia yang sudah pernah merasakan asam,pahit,manisnya kehidupan ini.Dia memiliki prinsip hidup yang kuat,yang akan tetap kokoh berdiri walau diterpa angin sekencang apapun.

Jadi ...... 
Semua yang ada di Dunia ini tidak ada yang tidak penting,semua penting,penting untuk diperhatikan,semakin kita memperhatikan semakin kita bersyukur dan mengagumi kebesaran Allah SWT.

No comments:

Post a Comment